Cari Blog Ini

Jumat, 15 April 2011

Pelatihan Kewirausahaan Kelompok SPP dan UEP Kerjasama Fakultas Ilmu Administrasi Unika Atma Jaya dengan UPK-PNPM-MP


Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Pelatihan: Meningkatkan Pemahaman Kewirausahaan pada Pengurus SPP dan UEP di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 
Kerjasama Fakultas Ilmu Administrasi Unika Atma Jaya dengan UPK-PNPM Mandiri Per Desaan melalui pelatihan dengan topik: “Meningkatkan Pemahaman Kewirausahaan pada Pengurus SPP dan UEP di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.  
Pada hari selasa 18 Mei 2010 Fakultas Ilmu Administrasi Unika Atma Jaya Jakarta yang bekerja sama dengan UPK-PNPM Mandiri Per Desaan menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan, yang bertujuan memberikan pengetahuan dan peningkatan kemampuan kepada para peserta mengenai Kewirausahaan. Mengingat Kelompok penerima UPK-PNPM adalah perempuan yang tergabung dalam organisasi SPP dan UEP maka materi isue gender dan pengelolaan organisasi memiliki relevansi bagi para peserta pelatihan yang melibatkan 25 kelompok SPP dan UEP Kecamatan Kepoh Baru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.
Pelaksanaan pelatihan diikuti oleh 74 peserta terdiri dari para pengurus SPP dan UEP yang masing-masing menjabat sebagai Ketua, sekretaris dan bendahara (daftar kehadiran peserta terlampir). Acara diawali dengan sambutan dari pihak FIA Unika Atma Jaya Jakarta yang diwakili oleh Dra. Pradewi Iedarwati M.Si  yang dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Bapak Camat Kepoh Baru, Drs. Arwan MSi kepada TIM untuk memberikan pelatihan yang menjadi salah satu bentuk tanggungjawab sosial kampus terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh lingkungan masyarakat. Semoga pelatihan ini dapat memberi pengetahuan baru, kesadaran baru dan ketrampilan baru bagi para peserta yang kiranya akan bermanfaat dalam mengelola kegiatan usaha yang dilakukannya. Acara pembukaan pelatihan dilakukan oleh Drs. Arwan M.Si selaku Camat Kepoh baru yang dalam sambutannya menegaskan bahwa pelatihan ini sangat berguna bagi organisasi SPP – UEP yang anggotanya adalah ibu-ibu yang memperoleh bantuan Rp. 100 juta per SPP – UEP dalam program UPK PNPM Mandiri per desaan. Menurut Bapak Camat setelah pelatihan ini diharapkan ibu-ibu peserta pelatihan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai untuk mengelola kegiatan usahanya dan mengatur serta membagi waktunya sehingga tugas sebagai ibu rumah tangga dapat tetap dilakukan dengan sebaik-baiknya. Bapak camat mengucapkan terimaksih kepada FIA Unika Atma Jaya dan TIM pengabdian yang telah bersedia bekerjasama dalam peningkatan pengetahuan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab dunia pendidikan terhadap lingkungan masyarakatnya. 
Pelatihan diawali dengan presentasi oleh masing-masing fasilitator yang terdiri dari para dosen Fakultas Ilmu Administrasi Unika Atma Jaya yakni Dra. Pradewi Iedar wati, Msi, Dr. Ati Cahayani, Kurnianing Isololipu S.Sos, M.Com., selanjutnya penyampaian materi yang berkaitan dengan Disparitas peran gender, Dasar-dasar Organisasi dan Jiwa Kewirausahaan. Masing-masing fasilitator melakukan presentasi dan tanya jawab selama 40 menit. Setelah presentasi acara pelatihan dilanjutkan dengan aktivitas dalam kelompok. Peserta dibagi dalam 3 kelompok sesuai materi pelatihan. Kemudian masing-masing kelompok melakukan pendalaman materi selama 90 menit. Acara pelatihan ditutup dengan pleno kelompok dimana setiap kelompok mempresentasikan hasil pendalaman materi.http://www.atmajaya.ac.id/ing/content.asp?f=2&id=6070

Tidak ada komentar:

Posting Komentar